Teknologi

5 Cara Whatsapp Tidak terlihat Saat Online Mudah dan Praktis

118
×

5 Cara Whatsapp Tidak terlihat Saat Online Mudah dan Praktis

Sebarkan artikel ini

Kepoinkuy – Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa trik untuk menjaga privasi saat berinteraksi di aplikasi pesan instan WhatsApp atau yang biasa di singkat WA. Salah satu trik itu seperti cara WA tidak terlihat online. Cara agar WhatsApp tidak terlihat online bakal berguna untuk menjaga privasi pengguna di waktu-waktu tertentu, seperti saat ingin beristirahat atau liburan. Di waktu tersebut, pengguna mungkin tidak ingin terganggu dengan notifikasi atau interaksi dari kontak.

Supaya tidak terganggu, salah satu solusinya adalah membuat WhatsApp tidak terlihat online. Perlu diketahui, WhatsApp memiliki beberapa fitur yang memungkinkan pengguna lain mengetahui jika pengguna sedang online. Ketika pengguna lain tahu jika pengguna tengah aktif, interaksi bisa lebih berpotensi terjadi. Dengan diatur agar tidak terlihat online, pengguna bisa meminimalkan adanya chat atau telepon masuk dari pengguna lain di WhatsApp. Alhasil, privasi lebih terjaga dan pengguna bisa beristirahat atau liburan dengan lebih tenang. Lantaran bakal berguna, pengguna penting untuk mengetahui cara agar WhatsApp tidak terlihat online. Lantas, bagaimana caranya supaya WhatsApp tidak kelihatan online?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara WA tidak terlihat online dengan mudah dan praktis.

Cara WA Tidak Terlihat Online

Cara WA tidak terlihat online itu pada dasarnya cukup mudah. Sebagaimana sempat disinggung di atas, WhatsApp memiliki beberapa fitur bawaan yang memungkinkan pengguna lain mengetahui bahwa pengguna tengah aktif di aplikasi. Beberapa fitur tersebut seperti status Online, Last Seen/Terakhir Dilihat, dan Centang Biru. Untuk membuat WA tidak terlihat online, pengguna sejatinya hanya perlu mematikan beberapa fitur tersebut. Selain mematikan fitur tersebut, untuk membuat WA tidak terlihat online, pengguna juga bisa melakukan beberapa pengaturan lain. Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa cara WA tidak terlihat online adalah sebagai berikut.

1.Membuat Bio Dengan Status “Offline”

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah membuat bio atau informasi singkat yang menunjukkan bahwa pengguna sedang offline, sehingga tidak bisa diganggu. Untuk membuat bio WhatsApp ini, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Setelan” atau “Settings” di WA.
  • Kemudian, klik “Profil” dan pilih opsi “About”.
  • Terakhir, pada kolom yang tersedia, buat bio dengan tulisan seperti ini “Offline”, “Sedang Offline”, atau “Sedang Berlibur”.

2.Matikan Status Last Seen dan Online

Sebagaimana cukup umum diketahui, WhatsApp dapat menampilkan status pengguna tengah online (status Online) dan kapan terakhir kali online (status Last Seen). Pengguna bisa mematikan kedua status itu agar pengguna lain tak mengetahui kalau sedang online. Dengan demikian, pengguna dapat meminimalkan interaksi dengan pengguna lain di aplikasi WhatsApp. Adapun cara agar WhatsApp tidak terlihat online dengan mematikan status Last Seen dan Online adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Setelan” atau “Settings” di WA.
  • Selanjutnya, pilih menu pengaturan “Privacy”.
  • Kemudian, klik opsi “Last seen & online”.
  • Terakhir, atur agar status Last Seen dan Online tidak bisa dilihat siapa pun dengan klik opsi “Nobody”.

3.Matikan Notifikasi Kontak atau Grup Tertentu

Cara agar tidak terlihat online di WA yang berikutnya untuk menjaga privasi adalah dengan mematikan notifikasi dari kontak atau grup tertentu. Pengguna bisa memilih untuk mematikan notifikasi dari kontak tertentu. Dengan mematikan notifikasi, pengguna tak akan mendapatkan pemberitahuan di layar HP ketika terdapat pesan masuk dari kontak atau grup tertentu, yang mungkin berpotensi mengganggu waktu liburan. Adapun cara agar tidak terlihat online di WA dengan mematikan notifikasi kontak atau grup tertentu adalah sebagai berikut:

  • Buka daftar obrolan di WA.
  • Kemudian, klik dan tahan kontak atau grup yang hendak di matikan atau di bisukan notifikasinya.
  • Setelah itu, klik opsi “Mute” dan pilih durasi berapa lama kontak atau grup dibisukan notifikasi, bisa hanya 8 jam, satu minggu, dan selamanya.

4.Matikan Tanda Centang Biru

WhatsApp memiliki fitur tanda pesan telah dibaca atau biasa di sebut juga dengan tanda centang biru. Saat tanda centang biru di aktifkan, pengguna yang membaca pesan dari pengguna lain akan di ketahui aktivitasnya. Pengguna lain bisa tahu pengguna telah membaca pesannya dengan melihat adanya tanda centang biru. Tanda centang biru ini bisa mengganggu privasi pengguna karena pengguna lain bisa mengetahui bahwa pengguna sedang aktif di WhatsApp. Untuk itu, pengguna bisa menonaktifkan fitur tanda centang biru di WhatsApp saat hendak beristirahat atau liburan. Adapun cara WA tidak terlihat online dengan mematikan tanda centang biru adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Settings” atau “Setelan” di WA.
  • Selanjutnya, masuk ke menu pengaturan “Privasi”.
  • Kemudian, nonaktifkan opsi “Laporan Dibaca” atau tanda centang biru.
  • Saat di matikan, selain tak bisa melihat pesan apakah sudah di baca pengguna atau belum, pengguna lain juga tak akan bisa mengetahui apabila pengguna telah melihat status WhatsApp yang di buatnya.

5.Matikan Background Data WhatsApp

Cara agar WhatsApp tidak terlihat online yang kelima adalah dengan mematikan background data untuk aplikasi WhatsApp. Fitur background data memungkinkan aplikasi WhatsApp di HP tetap dapat mengakses data internet saat tidak di gunakan. Jika di matikan, aplikasi WhatsApp tidak akan bisa mengakses data internet ketika tidak di gunakan, sehingga dapat membuat pengguna tidak terlihat online. Adapun cara WA tidak terlihat online dengan mematikan background data adalah sebagai berikut:

  • Untuk diketahui, cara mematikan background data bisa berbeda-beda di tiap HP. Jika menggunakan HP Android Xiaomi, untuk mematikan background data WhatApp, pengguna masuk ke menu “Settings”.
  • Kemudian, pilih menu “Apps” dan klik opsi “Manage Apps”.
  • Selanjutnya, cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Setelah itu, pilih opsi “Data usage” dan nonaktifkan opsi “Background data”.

Cukup mudah bukan cara agar tidak terlihat online di WA? Melalui beberapa cara di atas, pengguna bisa beristirahat atau liburan dengan lebih tenang tanpa banyak terganggu dengan interaksi dari WhatsApp. Pengguna bisa membuat WhatsApp tidak terlihat online dengan mudah, sehingga mengurangi interaksi di WhatsApp. Demikianlah penjelasan lengkap seputar beberapa cara agar WhatsApp tidak terlihat online dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.