Kesehatan

6 Manfaat Rebusan Daun Sirih yang Perlu Anda Ketahui

123
×

6 Manfaat Rebusan Daun Sirih yang Perlu Anda Ketahui

Sebarkan artikel ini

Kepoinkuy – Anda mungkin sudah tidak asing dengan daun sirih. Ya, tanaman yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain ini sering di jadikan bahan herba untuk meningkatkan kesehetan. Daun sirih biasanya di gunakan langsung untuk mengatasi kondisi, seperti luka atau nyeri. Namun, ada pula yang mengonsumsi rebusan daun sirih untuk mengobati atau meredakan penyakit tertentu. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui, manfaat rebusan daun sirih.

Rebusan daun sirih untuk mengobati apa saja?

Mengutip dari Pharmeasy dan Netmeds, berikut penyakit atau yang bisa di atasi atau di redakan dengan konsumsi rebusan daun sirih:

Infeksi Saluran Pernapasan

Merebus beberapa lembar daun sirih yang di campur dengan jahe dan madu dapat meredakan peradangan di tenggorokan, gatal tenggorokan, dan mengencerkan dahak di saluran pernapasan. Potensi manfaat ini di peroleh dari kandungan vitamin B, C, alkaloid, senyawa antibakteri, dan antiinflamasi yang terkandung pada daun sirih.

Radang Sendi

Kandungan polifenol pada daun sirih dapat memberi perlindungan ganda dari kuman sekaligus mengobati radang sendi. Selain minum rebusannya, Anda juga dapat membubuhkan daun sirih yang sudah di tumbuk pada bagian yang nyeri.

Sakit Gigi

Rebusan daun sirih juga dapat membasmi kuman dan bakteri penyebab sakit gigi. Untuk mendapat manfaat ini, Anda cukup berkumur dengan daun sirih. Biasanya, nyeri pada gigi mulai berkurang dalam satu jam. Setelah 2-3 jam, nyeri gigi biasanya sudah hilang. Namun, masalah gigi yang di alami setiap orang berbeda-beda, jadi ada baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan perawatan yang pas. Selain mengatasi sakit gigi, daun sirih juga dapat menghilangkan bau mulut, menghentikan perdarahan pada gusi, dan mencegah gusi bengkak.

Maag

Daun sirih dapat di gunakan untuk mengatasi sakit maag karena sifat gastroprotektifnya. Karena karakteristik antioksidannya, daun sirih juga dapat meningkatkan aktivitas enzimatik yang bermanfaat untuk meringankan keluhan tukak lambung.

Diabetes

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bubuk daun sirih yang bisa di olah menjadi suplemen maupun teh, berpotensi menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Hal ini karena kandungan antioksidan yang berperan melawan stres oksidatif dan menurunkan peradangan akibat glukosa darah yang tidak terkontrol dan mendukung pengelolaan diabetes melitus.

Depresi

Minum air daun sirih juga di klaim dapat melawan depresi sekaligus meningkatkan suasana hati. Senyawa fenolik aromatik pada daun sirih di sebut dapat merangsang pelepasan katekolamin yang meningkatkan mood. Meskipun beberapa penelitian menunjukkan manfaat minum air daun sirih untuk mengobati penyakit tertentu, masih di perlukan studi lebih lanjut untuk memastikan khasiat tersebut. Anda juga perlu berkonsultasi dahulu dengan dokter dan ahli gizi apabila ingin mengonsumsi rebusan daun sirih dan olahan lainnya.