Kesehatan

9 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

75
×

9 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Sebarkan artikel ini

Kepoinkuy – Selama masa kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi demi mendukung kesehatan ibu dan bayi, seperti air kelapa. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil sangat beragam, seperti mencegah dehidrasi, mengurangi gejala mual, dan menjaga berat badan ideal selama kehamilan.

Meski begitu, ibu hamil tetap harus memperhatikan takaran yang cukup sebelum minum air kelapa untuk menghindari efek samping tertentu. Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil berikut ini.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Di dalam air kelapa terkandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, gula, dan protein. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan mineral, yaitu magnesium, kalium, dan kalsium.

Berkat kandungan nutrisinya tersebut, air kelapa dipercaya berkhasiat untuk kesehatan ibu hamil. Disarikan dari Healthline, berikut ini adalah berbagai manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang perlu diketahui.

Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang pertama adalah membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain minum air putih, ibu juga bisa mengonsumsi air kelapa untuk mencegah dehidrasi. Tercukupinya kebutuhan cairan tubuh akan membuat ibu hamil merasa lebih segar, bugar, dan tidak mudah merasa lesu.

Mengganti Elektrolit yang Hilang Karena Mual

Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, air kelapa juga bisa digunakan sebagai pengganti elektrolit tubuh yang hilang. Pasalnya, selama masa kehamilan, ibu hamil sering kali mual dan muntah, atau yang sering disebut dengan morning sickness.

Mual dan muntah akibat morning sickness bisa menyebabkan ibu hamil mengeluarkan banyak cairan sehingga elektrolit dalam tubuh ikut hilang. Berkat kandungan magnesium, natrium, dan kalium di dalam air kelapa, ibu hamil bisa menggunakan air kelapa untuk menggantikan elektrolit yang terbuang agar sistem tubuh ibu hamil tetap stabil.

Meringankan Gejala Mual dan Muntah

Selain menggantikan elektrolit yang hilang, manfaat air kelapa muda juga dapat meredakan mual dan muntah akibat morning sickness. Pasalnya, air kelapa muda bisa membantu menjaga kadar pH dalam tubuh. Akibatnya, air kelapa mampu membantu mengontrol keasaman lambung, mengurangi mual, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Mengurangi Refluks Asam

Tidak hanya mual dan muntah, ibu hamil juga rentan mengalami peningkatan asam lambung selama kehamilan. Refluks asam bisa di sebabkan oleh hormon progesteron yang melemaskan katup perut atau pertumbuhan bayi yang semakin besar. Kondisi tersebut bisa membuat cairan lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan ketidaknyamanan serta sendawa asam.

Minum air kelapa di nilai mampu mencegah atau mengurangi gejala refluks asam yang dialami oleh ibu hamil.

Mendukung Perkembangan Janin

Tidak hanya memberikan berbagai manfaat bagi ibu hamil, rupanya air kelapa juga mengandung magnesium yang bermanfaat untuk janin saat masih ada di dalam kandungan. Selama kehamilan, ibu memerlukan vitamin dan mineral untuk mendukung perkembangan janin.

Penelitian menyebut, magnesium di ketahui dapat mengurangi risiko preeklamsia pada masa kehamilan dan berat badan lahir rendah (BBLR) pada bayi. Manfaat ini akan lebih optimal apabila ibu hamil mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat lainnya.

Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa juga dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Pasalnya, air kelapa memiliki kandungan kalium yang terbukti dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Namun, air kelapa tidak di anjurkan untuk digunakan sebagai pengganti pengobatan hipertensi atau preeklampsia pada masa kehamilan. Ibu hamil yang berisiko mengalami preeklampsia selama kehamilan di imbau untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Mengurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) umum terjadi selama kehamilan. Kondisi ini dapat di sebabkan oleh perubahan hormon saat hamil dan berdampak pada fungsi saluran kemih. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil lainnya yakni sebagai diuretik alami yang membuat urine lebih mudah di keluarkan oleh tubuh dan mencegah terjadinya ISK.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan, serta vitamin dan mineral di dalam air kelapa muda, membuatnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidan di dalam air kelapa juga memiliki manfaat untuk melindungi masa kehamilan dan janin dari berbagai macam penyakit.

Kandungan tinggi asam laurat dalam air kelapa muda juga menghasilkan monolaurin, yang merupakan antivirus dan antibakteri, di dalam tubuh.

Menjaga Berat Badan

Jika masa kemailan mengalami kenaikan berat badan berlebih selama kehamilan, maka ibu bisa mengatasinya dengan rutin mengonsumsi air kelapa. Pasalnya, air kelapa muda mengandung kalori yang kecil dan bebas lemak sehingga dapat mengontrol berat badan. Inilah mengapa, air kelapa bisa menjadi pilihan minuman segar yang lebih sehat di bandingkan teh dalam kemasan, kopi, maupun soda. Manfaat air kelapa untuk di atas bisa di peroleh bila rutin di konsumsi tetapi tidak secara berlebihan. Namun jika mengalami keluhan setelah mengonsumsi air kelapa, seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare, di imbau untuk segera berkonsultasi ke dokter agar di lakukan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai.